Media Toolkit
Program

Produksi Media Alat Pembelajaran

Kami mengembangkan media pembelajaran yang kontekstual untuk remaja di lingkungan tempat tinggalnya. Video diary, film kolaborasi, musik, foto bercerita, tulisan, gambar/lukisan, komik, transek, pemetaan kampung dengan QGIS dll. Proses bermedia menjadi ruang remaja untuk kritis memahami lingkungan terdekatnya. Sementara media yang mereka produksi secara partisipatif menjadi alat dialog mengajak komunitasnya melakukan perubahan baik di dalamnya bersama-sama.

Mengapa media alat pembelajaran penting?

Media yang tepat dan dekat secara pesan, yang diproduksi secara partisipatif berbasis pengalaman dekat remaja berperan besar dalam menjembatani remaja dan anggota komunitasnya. Membantu terbentuknya sistem pendukung yang memahami kebutuhan remaja sebagai generasi penerus komunitasnya.

Dokumentasi program Jalan Remaja 1208 tahun 2017
Apa yang kami kerjakan
Modul Belajar Mandiri
Modul pembelajaran beragam isu sosial yang diolah dari materi dan dokumentasi program lokakarya kami untuk remaja belajar secara mandiri, dimanapun mereka berada.
Film Kolaborasi
Kolaborasi remaja dan pembuat film professional. Mengangkat isu remaja. Hingga kini 3 film panjang dan 7 film pendek telah diputar dan didiskusikan untuk publik.
Dengar! Kompilasi
Paket media pembelajaran tematik untuk edukator yang berisi kompilasi video partisipatif produksi remaja di berbagai wilayah Indonesia. Hingga kini terdapat 81 video terkurasi terdiri dari 7 kompilasi.
Dokumentasi program pemutaran Dengar! Kompilasi
Perkembangannya sejauh ini

01

Launching modul pembelajaran mandiri kelas online Sebaya dengan lingkup topik psikologi remaja, relasi, pubertas, perencanaan masa depan sampai pencegahan kehamilan di usia remaja.

02

3 film panjang dan 8 film pendek hasil program Film Kolaborasi telah diputar 525 kali di acara komunitas hingga festival internasional.

03

7 edisi Dengar! Kompilasi mulai dari tema komunitas, perempuan, lingkungan, remaja, keberagaman, disabilitas, serta hak kesehatan seksual & reproduksi (HKSR).