Saatnya Remaja Indonesia Bicara

Apa Kabar ? Selamat Datang di Kampung Halaman.

Tempatnya Remaja Indonesia Bersuara!



Jalan Remaja



Jalan Remaja 1208 Jalan Remaja 1208 adalah penyatuan berbagai program kami dari tahun 2006. Program ini mendorong kita semua untuk lebih mempercayai remaja, memberikan mereka peran yang lebih besar dalam urusan keseharian kita di manapun, di sekolah, di kampung, di rumah dll, dengan berbagai media (video diary, foto, teks) sebagai alatnya. Jalan Remaja 1208 ini mengajak remaja untuk bersuara, bersikap pada berbagai persoalan yang kita hadapi.

Cara pandang, sikap yang sederhana sekalipun adalah awal untuk memperbaiki diri, juga usaha untuk mengatasi persoalan itu sendiri, yang dapat memacu remaja, juga kita, untuk melakukan hal yang besar lagi. Ada berbagai kegiatan di dalam Jalan Remaja 1208, yaitu :

  1. Sekolah Remaja Kegiatan kerjasama KH dan komunitas/organisasi lokal untuk memfasilitasi para remaja memahami tantangan lokal dan global melalui media. Di tiap lokasi komunitas, Sekolah Remaja memfasilitasi pelatihan berbagai bentuk media untuk menyuarakan pendapat remaja (foto, video diary dan internet). Dengan membuat 'medianya' sendiri (video diary), remaja belajar menganalisa, bekerjasama dalam tim dan mengembangkan kreativitas mereka.
  2. Pemutaran serentak lewat BIOSKOP REMAJA Tahunan, di hari Remaja Internasional 12 Agustus. Ini adalah acara puncak Jalan Remaja 1208. Hari itu adalah momen untuk kita bersama-sama berefleksi dari cara pandang remaja. Menjadikan remaja Indonesia bagian penting dari dunia lewat video diary yang mereka buat. Bioskop Remaja ini diselenggarakan oleh berbagai komunitas atau organisasi yang secara sukarela ikut memutarkan video buatan Remaja Indonesia ini untuk. Kita semua ikut berefleksi dalam menghadapi berbagai tantangan yang remaja suarakan, seperti tantangan pendidikan kita di sekolah, pengunaan internet dan teknologi, perbedaan agama, pentingnya hutan dan tradisi, serunya menciptakan gaya hiburan yang kreatif, dan masih banyak lagi. Sampai tahun ini, Jalan Remaja 1208 telah berjalan bersama 693 remaja pembuat video dari 32 komunitas, di 12 provinsi di Indonesia. Mereka membuat 122 buah karya video diary yang merefleksikan tantangan hidup kita sehari-hari. Sementara dalam kegiatan Bioskop Remaja, telah melibatkan 77 komunitas/organisasi yang tersebar di 153 titik pemutaran di 20 provinsi di Indonesia, dengan jumlah penonton/peserta diskusi sebanyak 12.300 orang. Kami percaya remaja, generasi penentu masa depan, adalah bagian penting dalam menciptakan perubahan lebih baik yang kita inginkan. Mari lebih mempercayai remaja. Mari bergabung di Jalan Remaja 1208. Silahkan mampir ke halaman Jalan Remaja 1208.

          Koordinator : Ima Puspita Sari

          (@imeyima | jr1208@kampunghalaman.org)

Upload By : admin at 09-06-2013

Upload By : admin at 09-06-2020

Upload By : Rrobelus at 11-06-2013

Upload By : admin at 09-06-2074


Visit Jalan Remaja  Back

Forum KH